Catat, Ini Dia Kebiasaan Sepele Yang Dapat Merusak Ginjal

Catat, Ini Dia Kebiasaan Sepele Yang Dapat Merusak Ginjal

hal sepele yang dapat merusak ginjal ( foto : freepik)--

1. Kurang minum air putih

Air putih merupakan salah satu cairan yang diperlukan oleh tubuh. Zat cair yang terdapat dari molekul hidrogen dan oksigen merupakan zat yang sangat dibutuhkan tubuh. 

Air putih mnemiliki manfaat yang baik untuk proses detoksifikasi atau pelepasan racun dalam tubuh, sehingga air putih dipercaya menjadi antioksida.

2. Sering begadang

Akibat kutrang tidur dan sering begadang dalam jangka waktu yang lama, beban kerja ginjal akan terus bertambah, akibatnya bisa menyebabkan ginjal rusak.;

3. Sering menahan buang air kecil

Kebiasaan menahan buang air kecil juga b isa berpotensi memicu terbentuknya batu ginjal. Batu dinjal tersebut merupakan kondisi dimana tumpukan asam urat atau kalsium yang berikatan dengan bahan kimia oksalat atau fosfor didalam urine.

4. Terlalu sering makanan junk food

Makanan junk food merupakan makanan yang siap saji, dimana bahan – bahan yang terkandung didalamnya kebanyakan berbahan kimia. Bahan tersebut dapat merusak ginjal, tak hanya itu bisa juga menyebabkan ganguan pada organ lainnya.

BACA JUGA:Benarkah Sering Kentut Pertanda Usus Sehat? Yuk Simak Penjelasannya

BACA JUGA:Jangan Sembarangan Minum, Ini Waktu Mujarab Untuk Dapatkan Khasiat Air Kelapa Muda

5. Kebiasaan mengkonsumsi obat pereda nyeri

Terlalu banyak mengkonsumsi obat pereda nyeri yang berkepanjangan dsapat menyebabkan kurangnya aliran darah ke ginjal. Tak hanya itu, penggunaan jangka panjang dengan dosis yang lebih tinggi dapat membahayakan ginjal normal. 

6. Malas gerak dan lebih suka rebahan

Kurangnya gerak dapat menyebabkan kesehatan ginjal terganggu. Aktivitas fisik mempengaruhi peningkatan aliran darah  dan metabolisme glukosa. Kedua hal ini merupakan faktor penting pada kesehatan ginjal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: