Benarkah Rumput Laut Baik Untuk Kesehatan Usus? Berikut Deretan Faktanya

Benarkah Rumput Laut  Baik  Untuk  Kesehatan Usus? Berikut Deretan Faktanya

Benarkah Rumput Laut Baik Untuk Kesehatan Usus? Yuk Simak! Faktanya Baru Sedikit Yang Tahu (Foto by pinterest)--

RADARTASIKTV.ID- Rumput laut telah lama dikenal sebagai salah satu makanan super yang kaya nutrisi. Di Asia, terutama di Jepang dan Korea, Rumput laut merupakan bagian penting dari diet harian.

Salah satu manfaat kesehatan utama dari rumput laut adalah kemampuannya dalam mendukung kesehatan usus.

Berikut penjelasan mengapa rumput laut begitu baik untuk kesehatan usus kamu:

BACA JUGA:Catat!! Ternyata 5 Jenis Makanan Ini Adalah Musuh Ginjal, Yuk Simak...

BACA JUGA:Taukah Kamu ?? 5 Makanan Ini Bisa Membersihkan Pembuluh Darah

1. Kandungan Serat Yang Tinggi

Rumput laut adalah sumber serat alami yang sangat baik. Serat ini tidak hanya membantu memperlancar pencernaan, tetapi juga berperan penting dalam menjaga keseimbangan mikrobiota usus.

Mikroorganisme baik di usus memerlukan serat sebagai makanan mereka, dan konsumsi rumput laut dapat membantu meningkatkan populasi bakteri baik ini, seperti Bifidobacteria dan Lactobacillus.

Dengan meningkatnya bakteri baik, kesehatan usus secara keseluruhan juga akan meningkat, yang dapat mencegah berbagai masalah pencernaan seperti sembelit dan peradangan usus.

2. Senyawa  Probiotik

Selain serat, rumput laut juga mengandung senyawa prebiotik, seperti fucans dan laminaran, yang berfungsi sebagai "makanan" bagi bakteri baik di usus.

Prebiotik ini membantu bakteri baik tumbuh dan berkembang, yang pada gilirannya, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan penyerapan nutrisi dalam usus.

Dengan lingkungan usus yang sehat, risiko penyakit usus seperti sindrom iritasi usus (IBS) dan penyakit radang usus (IBD) dapat berkurang.

3. Kandungan Antioksidan dan Anti Inflamasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: