Ingin Terhindar dari Kolesterol Tinggi? Hindari 5 Makanan Penyebab Kolesterol

Ingin Terhindar dari Kolesterol Tinggi? Hindari 5 Makanan Penyebab Kolesterol

Sumber : www.freepik.com--

Jika Anda makan makanan yang digoreng dengan minyak atau margarin, kadar kolesterol Anda akan naik secara instan.

Selain itu, ketika dimasak dalam minyak jelantah yang telah digoreng beberapa kali. Tahu, tempe, bakwan, martabak telur, dan ayam goreng adalah beberapa contohnya.

Coba masak makanan sehat lainnya tanpa menggoreng, seperti kukus atau rebus.

BACA JUGA:Kolesterol Tinggi? Jangan Konsumsi Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Anda

⦁ Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji, seperti pizza dan hamburger, mengandung 85–180 mg kolesterol per porsi. Mengonsumsi soda dan kentang goreng bersamaan dengan makanan juga dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda.

Untuk mencegah peningkatan kolesterol dalam tubuh, Anda harus mengurangi porsi makanan cepat saji dan mengganti minuman bersoda dengan air putih.

⦁ Telur

Selama tidak dikonsumsi secara berlebihan setiap hari, telur dapat menjadi sumber protein sehat. Namun, jika Anda sudah mengonsumsi telur sebagai sarapan, jangan makan daging berlemak atau jeroan sebagai makan siang. Orang dengan kolesterol tinggi masih dapat mengonsumsi 4-6 telur per minggu.

Sebutir ayam ras (ayam negeri) dengan putih telur dan kuning telur masing-masing mengandung 164 miligram kolesterol, dan kuning telurnya saja mengandung 242 miligram kolesterol.

Selain itu, minyak palm digunakan untuk menggoreng telur. Konsumsi protein dari sumber lain yang lebih aman, seperti tahu dan tempe, adalah pilihan terbaik.

⦁ Jeroan

Konsumsi jeroan, atau isi perut dan organ hewan, seperti usus, babat, dan otak, harus dibatasi atau bahkan dihindari sepenuhnya, terutama bagi mereka yang menderita kolesterol tinggi dan asam urat.

Jantung ayam, misalnya, memiliki kadar kolesterol tinggi. Dalam porsi 145 gram, atau 1 cangkir, kolesterol mencapai 351 mg.

⦁ Makanan Laut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: