Ini Alasan Mengapa Batik Tulis Mahal Harganya: Prosesnya Butuh Perjuangan

Ini Alasan Mengapa Batik Tulis Mahal Harganya: Prosesnya Butuh Perjuangan

https://www.wajibbaca.com/- Batik Tulis Mahal--

RADAR TASIK TV-  Kain batik tulis Indonesia punya penggemar yang luar biasa, meskipun mahal, namun tetap populer baik dalam negeri maupun di pasar internasional.

Berbagai pameran batik digelar dengan antusias, baik di dalam maupun luar negeri.

Ternyata, ada banyak alasan mengapa batik tulis meskipun mahal namun begitu digemari. Pertama, nilai seni dan sejarah yang tinggi membuat kain batik begitu spesial.

BACA JUGA:Vespa Metic Edisi Batik, Cocok Banget Buat Kamu Yang Ingin Terlihat Eksotis dan Mapan

Batik lahir dari kekayaan budaya yang unik di setiap daerah di Indonesia, menjadi simbol identitas bangsa. Bagi penggemar lokal, ini menjadi hal yang sangat dihargai.

Sedangkan bagi pasar internasional, mereka menyukai keindahan motifnya yang begitu detail, indah, dan khas Indonesia. Dengan berbagai alasan itulah, meskipun batik tulis mahal, kain batik Indonesia tetap laris di pasaran. 

Kalau berbicara soal batik tulis, jujur, itu selalu bikin bangsa Indonesia bangga! Gimana nggak, sih? Batik tulis itu keren abis.

Setiap lembar kainnya tuh bener-bener beda dari yang lain, gak ada gambar yang sama. Jadi, setiap batik tulis itu kayak karya seni yang spesial banget. 

Dan yang paling bikin kagum, proses bikinnya luar biasa loh, dari pelukisan pake lilin sampe pewarnaannya yang detil banget. Bahkan, bisa butuh waktu berminggu-minggu, bahkan bulanan buat satu lembar kain batik tulis!

Jadi, nggak heran kalau yang demen sama batik tulis tuh sampe rela bayar mahal, karena setiap kainnya itu bener-bener masterpiece, guys!

Alasan Mengapa Batik Tulis Mahal Harganya

Ada beberapa alasan mengapa kain batik sangat mahal. Di artikel ini, kita akan fokus membahas tentang batik tulis saja.

1. Batik Tulis, Tanpa Satu Gambar yang Sama

Salah satu cara mudah mengidentifikasi batik tulis adalah dengan melihat coraknya. Di batik tulis, tidak ada satu gambar pun yang sama. Setiap gambar dibuat secara manual dengan tangan yang berbeda-beda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: