Tempe Mengandung Protein Terbaik Untuk Manula, Makanan Ini Dapat Tingkatkan Imun, Yuk Simak

Tempe Mengandung Protein Terbaik Untuk Manula, Makanan Ini Dapat Tingkatkan Imun, Yuk Simak

Tempe Mengandung Protein Terbaik Untuk Manula, Makanan Ini Dapat Tingkatkan Imun, Yuk Simak. Ilustrasi by Kartika--

Tempe Mengandung Protein Terbaik Untuk Manula, Makanan Ini Dapat Tingkatkan Imun, Yuk Simak

 

RADAR TASIK TV – Tempe merupakan makanan tradisional khas Indonesia yang terbuat dari kacang kedelai. Proses pembuatannya melalui fermentasi biji kedelai yang direbus kemudian dibari kultur jamur Rhizopus.

Jamur ini berperan penting dalam membantu proses fermentasi biji kedelai hingga menjadi produk makanan yang kaya akan kandungan protein serta menjadikannya memiliki tekstur yang kenyal.

Meski harganya terhitung sangat murah namun segudang manfaat yang dikandung makanan bercita rasa khas ini tidak main main. Salah satunya ialah makanan ini dapat meningkatkan imun terutama bagi manula.

Ini karena tempe mengandung protein terbaik untuk manula. Dr. Cahyono menganjurkan bahwa manula lebih baik mengurangi konsumsi karbohidrat seperti nasi, mie, bakwan, dan lain lain.

Perbanyak protein karena pada usia lanjut yang dibutuhkan ialah makanan yang dapat meningkatkan imun, dan tempe merupakan protein terbaik. Namun cara pengonsumsiannya jangan digoreng terus.

BACA JUGA:Dr. Zaidul Akbar Ungkap Khasiat Tak Terduga Batang Sereh, Autoimun Bertahun-Tahun Sembuh

BACA JUGA:Cuaca Ekstrem, Yuk Kenali 5 Minuman Herbal untuk Meningkatkan Imun Agar Tidak Mudah Sakit, Ini Resepnya

Selain tempe kamu juga bisa mengonsumsi telur. Telur kampung lebih direkomendasikan dalam hal ini. Cukup masak telur setengah matang kemudian campur 1 sendok makan madu dan makanan berprotein tinggi siap dihidangkan.

Namun mengingat harga tempe lebih murah dipasaran maka lebih dianjurkan untuk mengonsumsi tempe. Karena kndungan protein dalam tempe juga sangat banyak hingga meraih gelar makanan dengan protein terbaik.

Tempe dapat menjadi pengganti daging merah ataupun sumber protein hewani lainnya. Namun tempe lebih direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh para ibu dan perempuan jika tak mau terkena osteoporosis.

Nilai kandungan serat yang terkandung dalam tempe lebih tinggi daripada tahu. Dan lagi terdapat kandungan vitamin B-12, yang hanya terkandung dalam daging merah dan juga tempe.

Asam amino pada tempe juga mudah untuk dicerna, oleh karena itu para wanita yang ingin bertubuh langsing atau sedang proses diet bisa rutin mengonsumsi tempe baik itu diolah sebagai bacem, kukus, atau bahkan mentah.

Kandungan isoplavon pada tempe dapat mencegah perempuan berumur tua mengalami kerusakan amimoloid. Dengan begini perempuan tidak akan mudah pikun.

BACA JUGA:Manfaat Kunyit Untuk Memperkuat Imun, Begini Cara Mengolahnya yang Mudah dan Praktis

BACA JUGA:Menjaga Imunitas Tubuh Dengen Mengkonsumsi 6 Buah Sumber Vitamin C!

Adapun kandungan nutrisi dan gizi tempe ada protein, serat, karbohidrat, lemak, vitamin B, mineral, da juga isoflavon. Dengan begitu tempe memiliki beragam manfaat. Apa saja manfaat tempe bagi kesehatan?

Manfaat Tempe Bagi Kesehatan Tubuh

1. Sebagai Sumber Protein Nabati yang Berkualitas

Dalam 100 gram tempe mengandung 19,05 gram protein. Berdasarkan data kesehatan yang diperoleh oleh US Departement of Agriculture, tempe memiliki kandungan tinggi protein yang penting untuk perbaikan jaringan tubuh dan pertumbuhan.

2. Efek Antioksidan

Tempe memiliki kandungan senyawa isoflavon yang mempunyai sifat antioksidan. Sifat antioksidan ini memiliki kemampuan untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh.

Radikal bebas dalam tubuh bersifat merusak karna dapat merusak sel dan menyebabkan penyakit degenetatif.

3. Membantu Mengatur Gula Darah

Manfaat selanjutnya ialah dapat membantu kontrol gula darah. Ini karena tempe mempunyai indeks glikemik rendah, maka dari itu karbohidrat dalam tempe dapat dicerna lebih lambat oleh tubuh.

Proses ini tidak akan membuat lonjakan gula darah yang signifikan. Maka dari itu tempe dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi pengidap diabetes.

BACA JUGA:Awas Keliru! Ternyata Asam Urat Bukan Disebabkan Oleh Makanan, Ini Penyebabnya Kata dr. Cahyono

BACA JUGA:Stop Buang Biji Anggur, dr. Cahyono Sp Ungkap Ternyata Biji Anggur Bisa Mengobati Penyakit Jantung

4. Mendukung Fungsi Otak

Kandungan asam lemak omega-3 yang terkandung dalam tempe memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan fungsi otak.

karena kandungan asam lemak omega-3 bisa membantu meningkatkan kemampuan daya ingat, fokus, juga dapat memperbaiki suasana hati.

5. Tempe Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung

Tempe memiliki kandungan asam lemak tak jenuh, terutama kandungan asam lemak omega-3 dan juga omega-6, kandungan ini lah yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Kandungan asam lemak omega-3 juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat serta trigliserida di dalam darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: