Visit to KPKNL Tasikmalaya SMKN 1 Tasikmalaya: Edukasi dan Kenal Lebih Dalam tentang Kemenkeu

Visit to KPKNL Tasikmalaya SMKN 1 Tasikmalaya: Edukasi dan Kenal Lebih Dalam tentang Kemenkeu

Visit to KPKNL Tasikmalaya SMKN 1 Tasikmalaya: Edukasi dan Kenal Lebih Dalam tentang Kemenkeu--(foto : istimewa)

 

RADAR TV - Berbeda dengan hari-hari biasa, suasana di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tasikmalaya terlihat begitu meriah pada hari ini. Halaman parkir dipenuhi dengan dekorasi photo booth dan banner selamat datang untuk menyambut para peserta "Visit to KPKNL Tasikmalaya". Meskipun dihadang hujan deras pada pagi hari, semangat untuk edukasi dan berbagi ilmu bersama dalam mengenalkan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) - Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) - KPKNL Tasikmalaya tetap membara.

 

Dibantu oleh bus dari Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Tasikmalaya, para peserta tiba di lokasi pada pukul 07.15 WIB. Kegiatan "Visit DJKN" diharapkan mampu memberikan wawasan baru bagi para siswa/siswi yang hadir dari kelas XI Manajemen Perkantoran SMKN 1 Tasikmalaya.

 

Rochis Nur Nusroh, sebagai pembawa acara, menjelaskan agenda dan alur kegiatan hari itu dengan penuh semangat, mengajak peserta untuk merasakan antusiasme yang sama. Sebanyak 29 siswa/siswi dan 2 guru pendamping turut serta dalam acara edukasi dan berbagi ilmu yang bertajuk "Visit to KPKNL Tasikmalaya" dengan tema "Learn, Fun, Enjoy".

 

BACA JUGA:Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Siliwangi Berdayakan Kelompok Wanita Tani Roay Lestari

 

Setelah pembukaan di lobby, peserta diajak untuk mengenal lebih dalam ruang kerja dan layanan di kantor. Mereka diperkenalkan dengan berbagai fasilitas dan fungsi di Area Pelayanan Terpadu (APT) oleh Lutfiani Fauziah, yang tak lupa menyampaikan pesan anti korupsi dan ajakan untuk menolak serta melaporkan gratifikasi. Dilanjutkan dengan penjelajahan ruang kerja pegawai di lantai 1 dan 2, disampaikan oleh Agen Perubahan Moch Encep Iqbal Firdaus dan Rouf Abqi Riptadi, yang juga mengedepankan nilai-nilai integritas dan anti korupsi.

 

Setelah tur kantor, peserta diajak untuk ikut serta dalam lelang dengan membayar Uang Jaminan Lelang (UJL) sebesar Rp.5.000. Mereka menuju Aula Lantai 2 untuk mengikuti sesi pengenalan Kemenkeu, DJKN, dan tugas KPKNL Tasikmalaya. Kepala KPKNL Tasikmalaya, Thamrin, memberikan keynote speech yang menginspirasi, mengajak para peserta untuk bermimpi besar dan berkontribusi bagi bangsa Indonesia, termasuk melalui karier di Kementerian Keuangan.

 

Sesi berbagi ilmu dilanjutkan dengan penjelasan tugas dan fungsi KPKNL Tasikmalaya oleh berbagai pemateri, termasuk Utami Dewi dan Pejabat Pengawas serta Fungsional di unit masing-masing. Antusiasme peserta terlihat jelas saat mendengarkan penjelasan tentang tujuan dan fungsi DJKN, dengan sesi tanya jawab yang aktif dilakukan untuk memperdalam pemahaman mereka.

 

BACA JUGA:Innalillahi, Kecelakaan Maut Terjadi di Tol Cisumdawu Km 200 hingga 2 Orang Meninggal di Daihatsu Luxio

 

Acara semakin hidup dengan sesi Pertanyaan dan Games, yang diikuti dengan penuh antusiasme oleh para peserta. Keseruan tak berhenti di situ, dengan permainan daring kahoot dan pengumuman pemenang photo booth challenge, serta pembagian souvenir kepada setiap peserta sebagai kenang-kenangan.

 

Rangkaian kegiatan inti ditutup dengan ramah tamah dan foto bersama di photo booth, sebelum seluruh peserta diantar kembali menggunakan bus milik Politeknik Kemenkes Tasikmalaya ke SMKN 1 Tasikmalaya tepat pada pukul 12.30 WIB.

 

"Visit to KPKNL Tasikmalaya" tidak hanya menjadi kesempatan untuk belajar dan mengenal lebih dalam tentang Kemenkeu dan tugas KPKNL, tetapi juga menginspirasi peserta untuk berkontribusi positif bagi masa depan bangsa dengan integritas dan semangat anti korupsi yang tinggi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: