4 Sifat Introvert Yang Perlu Dipahami, Kamu Termasuk yang Mana?

4 Sifat Introvert Yang Perlu Dipahami, Kamu Termasuk yang Mana?

4 Sifat Introvert yang perlu dipahami!--tirto.id

RADAR TASIK TV - Seseorang yang memiliki sifat introvert memiliki kepribadian yang cenderung fokus pada fikiran mendalam, perasaan, dan suasana hati yang berasal dari dalam diri sendiri. Sering kali, introvert selalu diartikan sebagai pribadi yang pemalu, padahal introvert dan pemalu berbeda.

Sementara itu, seorang introvert memiliki sifat kepribadian yang tenang, bersikap hati-hati, teratur, suka murung, khawatir, kaku, pesimis, suka menyendiri, kurang suka bergaul, dan pendiam. Namun ketika dalam menyendiri itu sebagi bentuk untuk mengchrage atau mengumpulkan energinya.

Hal yang paling disenangi oleh seorang introvert adalah dengan cara diberikan ruang waktu mereka untuk sendiri, dan membangun kepercayaan secara bertahap melalui hubungan yang jujur dan saling pengertian. Mendengarkan dengan penuh perhatian dan menghormati preferensi mereka dalam berinteraksi sosial juga dapat membantu membangun hubungan yang positif dengan introvert.

Yuk, pahami lebih dalam tentang kepribadian Introvert ini!

BACA JUGA:Tanda Kamu Red Flag Ke Dirimu Sendiri. Stop toxic Pada Diri Sendiri!

BACA JUGA:Gak Ngapa-Ngapain Tapi Ngerasa Capek Banget? Bisa Jadi Tanda Kamu Depresi, Stop Overthinking!

  • Kalau lagi dalam masalah susah di-encourge

Seorang introvert, dalam berfikir mereka lebih deep dan  cenderung lebih suka memproses emosi secara sendiri, seolah-olah mereka punya jalan keluarnya sendiri tetapi hanya stuck ditempat. Jadi ketika ada suatu masalah yang mereka hadapi, respons mereka terhadap encourge akan lebih susah untuk di bujuk.

Dalam menghadapi suatu kesulitan, mereka akan merasakan emosi mereka secara mendalam, dan biasanya mereka perlu membutuhkan waktu untuk merenungkan masalah mereka sebelum dapat encourage dari luar. Mereka biasanya membutuhkan ruang untuk memproses secara internal.

Bagi seorang introvert, privasi merupakan sangat penting bagi mereka, dan ketika ada masalah pun mereka akan diam untuk menjaga vrivasi mereka dan akan merasa tidak nyaman apabila orang-orang terlalu banyak perhatian untuk mereka.

  • Merasa lebih spesial dari yang lain 

Seorang introvert sering kali merasa dianggap istimewa, karena banyak influencer yang menulis buku dan juga artikel tentang kepribadian ini. Bagi introvert, segala tantangan kesulitan pasti akan terjadi.

Mereka sering merasa kesulitan untuk berbicara karena cenderung memproses fikiran mereka secara mendalam, mereka juga mungkin menghindari interaksi sosial karena merasa tidak nyaman dalam situasi ramai, dan mereka sulit untuk mempercayai orang dengan mudah. 

Itu semua merupakan sebuah perlidungan bagi mereka untuk menjaga privasi dan mempertimbangkan situasi agar lebih tertata. 

BACA JUGA:Wajib Paham! Ternyata 5 Jenis Emosi Ini Mampu Menyakiti Tubuh Kamu

BACA JUGA:Banyak Yang Gak Sadar! Ini Dia Ciri-Ciri Orang Psikopat, Apakah Ada Pada orang sekitarmu?

  • Saat terjadi konflik, mereka akan diam dan hanya diam untuk waktu yang lama 

Ketika dalam menghadapi konflik, seorang introvert memilih untuk diam dan menjaug dalam waktu yang lama, itu semua sebagai cara untuk memproses dan memikirkan situasi tersebut dengan mendalam. 

Dengan begitu, ini merupakan sebuah situasi yang mendukung mereka untuk merespon konflik secara efektif, memberikan waktu dan ruang untuk merenung. Hal ini penting bagi seorang introvert untuk membutuhkan waktu sampai kapan mereka siap untuk berbicara. 

  • Suka berimajinasi yang telalu jauh padahal belum di coba

Dalam situasi tertentu, introvert sering kali suka berimajinasi secara mendalam tanpa adanya aksi dalam praktik. Hal ini menjadikan mereka terjebak dalam fikiran mereka sendiri tanpa adanyya tindakan konkret. Seperti, “cara ini bagus gak ya, terus begini, oh kemungkinan begini" Hal ini bikin banyak takutnya, mengekang diri mereka dan membatasi gerak, akhirnya gak action. 

Solusi yang dapat memberikan dorongan dan dukungan untuk menperluas atau keluar dari zona nyaman mereka secara bertahap.

Nah.. ini semua merupakan beberapa sifat dari seorang introvert, ini menjadikan sebuah pemahamana untuk membantu memberikan sukungan yang tepat bagi seorang introvert, seperti memberikan waktu dan ruang bagi mereka untuk sendiri, menghormati vrivasi mereka, serta memberikan dorongan yang sesuai untuk membantu mereka untuk keluar dari zona nyaman secara pertahap.

BACA JUGA:Yuk Sediakan 5 Makanan Penurun Asam Lambung Ini, Sebelum Asam Lambungmu Naik!

BACA JUGA:Banyak yang Belum Tahu, Ternyata Waktu Tidur Dapat Menentukan Kesehatan, Yuk Simak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: