Waspada Penipuan Modus Aktivasi Identitas Kependudukan, Aktivasi Hanya Bisa Dilakukan Di Depan Petugas

Waspada Penipuan Modus Aktivasi Identitas Kependudukan, Aktivasi Hanya Bisa Dilakukan Di Depan Petugas

Waspada Penipuan Modus Aktivasi Identitas Kependudukan , Aktivasi Hanya Bisa Dilakukan Di Depan Petugas Disdukcapil--Sukirman

Waspada Penipuan Modus Aktivasi Identitas Kependudukan , Aktivasi Hanya Bisa Dilakukan Di Depan Petugas Disdukcapil

RADAR TASIK TV - Beberapa pekan terakhir, aksi penipuan melalui alat komunikasi atau ponsel pintar kembali meresahkan masyarakat.

Kali ini, penipuan dengan modus aktivasi Identitas Kependudukan Digital, menyasar para pengguna ponsel pintar. Pelaku yang mengaku pegawai dari Dinas Kependukan Dan Catatan Sipil mengirimkan pesan singkat dan menelpon korbannya. Berbagai alasan disampaikan dan meminta alamat lengkap korban.

BACA JUGA:Program Ayam Paranje Terus Dikembangkan Di Kota Tasik, Gaet Bank Indonesia untuk Bersinergi

BACA JUGA:Tumbuhkan Percaya Diri, Gerakan Pramuka Motivasi Difabel Lebih Kreatif Dan Inovatif

Menanggapi hal tersebut kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan, dan Pemanfaatan Data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Banjar, Iwan Kustiawan, meminta masyarakat mengabaikan jika ada permintaan aktifasi identitas kependudukan digital. 

Pasalnya, aktifasi IKD hanya dapat dilakukan didepan petugas dinas kependudukan dan catatan sipil. Pihaknya belum menerima laporan atau pengaduan terkait penipu bermodus aktifasi IKD.

"Kami informasikan Dukcapil atau Disdukcapil Jawa Barat tidak pernah menghubungi Penduduk untuk proses aktivasi IKD. Aktivifasi IKD hanya dilakukan di depan petugas Disdukcapil. Tidak ada aktivifasi IKD melalui pesan WA dan telepon. Abaikan saja ketika Bapak Ibu menerima pesan SMS atau WA untuk verifikasi IKD. Sampai saat ini di Kota Banjar belum ada yang melaporkan WA atau SMS seperti itu," ujar Iwan.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Banjar mengimbau masyarakat untuk melaporkan jika mendapati adanya penipuan berkedok aktifasi Identitas Kependudukan Digital .

BACA JUGA:Perumdam Tirta Anom Apresiasi Rencana BBWS Citanduy Bakal Bangun Sumur Bor Jelang Penutupan Leuwikeris

BACA JUGA: Rekomendasi Villa Di Garut Dengan Keindahan Pantai Yang Memanjakan Mata!! Kamu Wajib Kesini

Simak Berita Selengkapnya dalam Video Berikut :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: