Deretan Tanda Kamu Dalam Toxic Relationship! Nomor 3 Paling Sering Terjadi

Deretan Tanda Kamu Dalam Toxic Relationship! Nomor 3 Paling Sering Terjadi

Tanda Kamu Dalam Toxic Relationship! No. 3 Paling Sering Terjadi, Apakah Pasanganmu Termasuk? (Foto: Freepik)--

Deretan Tanda Kamu Dalam Toxic Relationship! Nomor 3 Paling Sering Terjadi

 

RADAR TASIK TV - Toxic Relationship memang hal yang menimbulkan dampak yang negatif terhadap suatu pasangan, hubungan yang toxic seringkali menyebabkan rasa yang tidak nyaman dan trauma pada seseorang.

Yuk kenali beberapa ciri hubungan toxic yang bisa kamu hindari, jangan sampai kamu terjebak dalam hubungan toxic apalagi sampai menyimpan trauma berat.

BACA JUGA:Tanda Kamu Red Flag Ke Dirimu Sendiri. Stop toxic Pada Diri Sendiri!

BACA JUGA:Awas Merusak Mental! Ini Dia Tipe Rekan Kerja Yang Toxic, Jangan Sampai Terjebak

1. Tidak Terbuka

Terbuka dengan orang lain memang akan menjadi hal yang sulit, tapi kalau kamu sedang dalam hubungan yang serius, yang harus menjadi poin utama adalah keterbukaan.

Kalau kamu gak jujur dengan keadaanmu sekarang, tujuan hidupmu, masa depanmu nanti atau masalah keuanganmu semua ditutup-tutupi, itu membuat pasanganmu bingung dan malah membuat kamu merasa pasanganmu tidak bisa mengerti akan semua hal itu karena tidak kamu ungkapkan.

Sebaiknya saling terbuka dan mencari solusi untuk bertumbuh bersama menjadi jauh lebih baik daripada pada akhirnya akan menjadi bom waktu dan membuat kamu menyesal.

2. Tidak Ada Umpan Balik Komunikasi

Komunikasi yang buruk, setiap ada masalah selalu menghindar dan sangat sulit diajak untuk berdiskusi, entah karena gak bisa kepala dingin, gak bisa berkompromi, males, atau menyepelekan masalah.

Cara dia memberi masukan juga terkesan menghakimi dan menyinggung sampai kamu merasa insecure dan bersalah.

BACA JUGA:Kenali 8 Pertanda,Kamu Sudah Berada Di Hubungan Yang Tepat

3. Cemburu Buta

Cemburu merupakan suatu yang wajar dalam hubungan, tapi dengan batas sewajarnya dan dengan alasan yang jelas.

Kalau pasangan kamu cemburu karena kamu milih pergi sama saudara kamu ya aneh, mau pergi nongkrong sama temen diintrogasi, punya temen lawan jenis dilarang-larang, setiap waktu wajib ngabarin. Kalau ini sudah diuar batas wajar sih.

4. Tidak Menghargai Kamu Seutuhnya

Kamu itu unik dan berharga bagaimanapun adanya kamu, tidak berpengaruh bagaimana latar belakang kamu.

Darimana pun kamu berasal, dari orang tua seperti apapun, pasanganmu tidak punya hak untuk menghakimi negatif terhadap kamu.

Takdir tetap takdir kita tidak bisa merubahnya karena itu masa lalu dan saat ini kita hanya bisa menerima dan merubahnya untuk masa yang akan datang.

Kalau pasangan kamu tidak menghargai kamu, dan menerima kamu seutuhnya, tinggalkan saja jika kamu merasa tidak dihargai.

BACA JUGA:Peeps, Kenali 5 Love Language Ini Agar Hubungan Kamu Makin Awet! Yang Mana Love Languagemu?

5. Berjuang Sendiri

Jangan sampai kamu hanya memenuhi egonya saja, sedangkan kamu tidak merasa mendapatkan kasih sayang yang layak dari pasanganmu.

Kamu akan merasa kehilangan diri sendiri, kamu mempertahankan hubungan dan pasanganmu agar terus berada disampingmu, sedangkan pasanganmu tidak sama-sama berjuang.

Secara tidak sadar kamu malah jadi orang lain dan membuat kamu gak nyaman. Hubungan itu antara dua orang harusnya dijalani bersama, saling memberi, dan menerima.

6. Suka Ngatur

Pasangamu suka marah saat keinginannya tidak dituruti, dan suka ngatur pasangan tanpa ada kompromi terlebih dahulu. Contohnya seperti “Kamu harus jemput aku tiap hari ya”, Kamu kalau keluar sama aku harus pakai baju ini ya” atau “kamu harus temenin aku kemana aj ya”. Jangan mau diatur-atur, kalo ada hal yang tidak kamu terima dari pasangan coba ungkapkan dan diskusikan alasan kenapa kamu tidak suka, cari solusi yang baik, jangan mau diatur-atur demi ego dia. Jangan berubah merubah dirimu jadi orang lain demi orang yang kamu “sayang” itu.

BACA JUGA:Cinta Gak Kenal Jarak: 10 Trik Ampuh Biar Hubungan LDR Langgeng dan Happy-Happy Aja!

7. Merasa Lebih Superior

Entah laki-laki maupun perempuan, bisa merasa lebih superior. “Aku kan laki-laki derajatnya lebih tinggi daripada kamu”, “Aku kan udah S1, dibandingkan kamu Cuma lulusan SMA”.

“Penghasilan aku lebih besar”. Dalam hubungan, kalian harusnya kerja bareng berdua, kalo salah satu merasa lebih tinggi dan yang satu lebih rendah, gimana bisa kerja bareng?

Memang mungkin ada beberapa hal yang lebih ahli dikerjakan oleh pasangan, namun pasti tidak semuanya, maka perlunya saling melengkapi.

8. Cara Dia Memperlakukanmu

Abusive dalam hal apapun, baik secara fisik maupun psikis. Contohnya kalau lagi marahan suka ngebentak-bentak kamu, berkata kasar yang gak sepantasnya bahkan main tangan sampai tubuh kamu penuh dengan lebam.

Ada juga yang kalau marah sukanya ngediemin kamu berminggu-minggu (treatmen silent) tanpa alasan yang jelas atau yang sampai parah suka bikin drama seperti marah-marah ditempat umum gak peduli diliatin orang lain. Pokoknya drama banget.

BACA JUGA:Kamu Tidak Mencintai Diri Sendiri, Kalau Belum Punya 4 Tanda Ini. Berikut Penjelasannya

9. Manipulatif

Seseorang yang manipulatif cenderung menghindari tanggung jawab atas tindakan mereka. Mereka secara terang-terangan berbohong atau membeesar-besarkan hal-hal untuk menggambarkan diri mereka secara lebih positif. Seorang yang manipulatif secara emosional akan berbohong untuk menyesatkanmu. Awalnya dia yang melakukan kesalahan tapi dia tau cara memanipulatif kamu seolah-olah kamu juga berperan dalam kesalahannya. “Aku selingkuh gara-gara kamu juga gak pernah ada di sisi aku”. Padahal seharusnya kamu Cuma dijadikan kambing hitam agar kamu mau menuruti egonya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: