Pemula Wajib Tau, ini Deretan Tips Memelihara Kucing Agar Tidak Menyesal

Pemula Wajib Tau, ini Deretan Tips Memelihara Kucing Agar Tidak Menyesal

Yang Mau Melihara Kucing Wajib Tau Ini! Tips Memelihara Kucing Untuk Pemula, Yuk Simak Biar Kamu Siap (Foto: Freepik)--

Pemula Wajib Tau, ini Deretan Tips Memelihara Kucing Agar Tidak Menyesal

 

RADAR TASIK TV – Memelihara kucing akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan, namun buat kamu yang mau pelihara kucing akan banyak hal yang harus dipersiapkan dan tau larangan apa saja yang tidak boleh dilakukan saat pertama kali kamu adopsi kucing.

Untuk kamu yang pertama kali adopsi kucing, dan belum tau bagaimana cara merawatnya, Yuk simak tipsnya biar kamu siap.

BACA JUGA:Inilah Alasan Kucing Tidak Mengeong, Patut Diwaspadai

BACA JUGA:Lima Kucing Warga Di Ciamis Diduga Dimangsa Macan Tutul, Begini Kronologinya

1. Tentukan Jenis Kucing Yang Ingin Dipelihara

Ada banyak jenis kucing dengan karakter dan kebutuhan yang berbeda-beda. Pastikan kamu memilih jenis kucing yang sesuai dengan kepribadian dan gaya hidupmu.

2. Siapkan Perlengkapan Yang Dibutuhkan

Kucing membutuhkan makanan, pasir, mainan dan tempat tinggal yang nyaman. Pastikan kamu sudah menyiapkan semua perlengkapan yang dibutuhkan sebelum membawa kucing pulang ke rumah.

3. Beri Waktu Dan Perhatian

Kucing adalah makhluk sosial yang membutuhkan kasih sayang dan perhatian dari pemiliknya. Luangkan waktu untuk bermain dan berinteraksi dengan kucingmu agar ia merasa bahagia.

4. Rawatlah kucingmu dengan baik

Kucing perlu dirawat secara rutin, seperti menyisir bulu, memandikan dan membawanya ke dokter hewan untuk pemeriksaan kesehatan.

BACA JUGA:Dampak Resiko Kucing Flu yang bisa Sangat Berbahaya Bagi Nyawa Kucing, Simak Selengkapnya!

5. Nikmati Kebersamaan Dengan Kucingmu

Memelihara kucing bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan. Nikmati kebersamaan dengan kucingmu dan buatlah ia merasa bahagia.

Hal Yang Dilarang Saat Kamu Pertama Kali Adopsi Kucing

1. Jangan Mandikan Kucing

Namun jika pertama kali kamu adopsi kucing, apapun kondisinya jangan langsung dimandikan, walaupun kondisi kucingmu kotor, karena kucing dalam keadaan stres saat pertama kali datang ketempatmu apalagi kalau kucing sedang diare itu hanya akan memperburuk kondisi kucingmu.

2. Jangan Gendong Kucing

Meskipun kucing yang pertama kali datang dalam keadaan bersih, disarankan kamu tidak menggendongnya karena kucing masih merasa stres.

kalau langsung digendong akan rawan muntah apalagi kalau itu kitten, akan membuat kucing lemas dan susah untuk makan. Biarkan kucing beradaptasi dengan lingkungan barunya.

BACA JUGA:15 Ide Nama Kucing dari Bahasa Jepang, Tak Hanya Terdengar Imut Tapi Juga Bermakna

3. Jangan Simpan Kucing Dirumah Tanpa Kandang

Usahakan kamu menyediakan kandang untuk kucingmu, agar kucing merasa punya rumah dan bisa beradaptasi dengan area kandangnya.

Karena dekat dengan tempat makan, minum dan pup ditempat pasir yang kamu simpan di dalam akan membuat kucing terbiasa dengan hal itu saat kamu lepas.

4. Jangan Lepas Kucing Meski Kucing Berusaha Keluar

Biarkan kucing untuk tetap didalam kandangnya meskipun kucing berisik mengamuk dan meminta keluar kandang, agar kucing tidak stres ketika didalam kandang, dan memudahkannya untuk tetap tenang ketika kucing disimpan dikandang.

Seperti saat kucing sedang sakit, kucing dititipkan di dokter hewan, atau saat kucing dititipkan di cat hotel, dan memudahkan aktivitas kamu saat mengerjakan sesuatu kucingmu bisa kamu masukan ke kandangnya dengan aman.

BACA JUGA:Inilah Ras Kucing Termahal di Dunia Tahun 2024, Ada yang Harganya Mencapai 1,96 Miliar

5. Jangan Sampai Kucingmu dehidrasi

Biasanya ketika kucing pertama kali datang ketempat yang baru, akan membuatnya merasa ketakutan sehingga mudah  dehidrasi.

Kamu harus menyediakan tempat minum dan pastikan makanan kucing diberikan jenis makanan yang sama seperti pemilik sebelumnya, meskipun kamu ingin kasih makan yang lebih bagus kamu harus tunggu dulu sampai dia beradaptasi dengan lingkungan barunya dulu agar kucing tetap tidak stres.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: