Mengenal Oleh – Oleh Burayot, Makanan Khas Garut Yang Memiliki Bentuk Unik Dari Kue Yang Lain

Mengenal Oleh – Oleh Burayot, Makanan Khas Garut Yang Memiliki Bentuk Unik Dari Kue Yang Lain

Mengenal Oleh – Oleh Burayot, Makanan Khas Garut Yang Memiliki Bentuk Unik Dari Kue Yang Lain !!--

RADAR TASIK TV – Burayot merupakan salah satu makanan yang memiliki bentuk unik, buat masyarakat Garut pastina sudah tidak asing alagi dengan makanan satu ini. 

Kuliner ini mempunyai ketertarikan tersendiri bagi para peminatnya. Mulai dari rasa dan bentuknya pun memang sedikit berbeda dari kuliner khas Garut lainnya.

Burayot adalah jenis kuliner legendaris yang memang turun temurun bahkan sejak zaman dahulu. Kuliner ini berasal dari Kabupaten Garut yang memiliki rasa manis.

Dimana makanan ini memang memiliki keunikan tersendiri. Nama burayot berasal dari bahasa Sunda, yaitu ngaburayot atau bergelantung. Karena kue ini memang nampak seperti menggangtung.

BACA JUGA:Resep Kue Cucur Anti Gagal, Cukup Gunakan Bahan Sederhana ini...

Kue ini terbuat dari adonan tepung beras yang digoreng. Adoannya pun tidak jauh beda dari adonan cucur, tetapi untuk tekstur burayot memang memiliki adonan yang sedikit padat . 

Dengan cara demikian, bentuknya akan mirip kantong yang terisi. Berbahan baku  yang tak jauh berbeda, burayot memiliki rasa yang manis seperti ali agrem dan cucur. Meski begitu, masing – masing memiliki tekstur yang berbedaa, termasuk teknik pembuatannya.

Burayot digoreng dan diangkat menggunakan bambu kecil, kue nya tertarik keatas, sementara tepung dan gulanya dibawah. Rasa yang dimiliki burayot manis dan gurih. 

Makanan ini biasanya ditemukan dibeberapa kecamatan di Garut, seperti Leles, Kadungora, dan Wanaraja. Kue ini seriring dengan berjalanannya waktu memiliki beberapa variasi, seperti coklat, strawberry, wijen, keju jahe, dan kacang tanah.

BACA JUGA:Resep Kue Ladu Ketan Hitam Khas Tasikmalaya, Mudah Dibuat dan Cocok untuk Ide Jualan

Kue ini banyak di jual di pusat parawisata Candi Cangkuang dan di sepanjang jalan arah menuju Bandung. 

Akan tetapi bagi kalian yang ikin menikmati makanan satu ini tanpa harus ke Garut, ini dia bahan dan cara membuatnya.

Bahan – bahan :

- 300 gr tepung beras

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: