Tips Olahraga Saat Berpuasa Ala dr. Tirta, Gunakan 3 Waktu Ini Agar Puasa Tetap Lancar dan Bugar

Tips Olahraga Saat Berpuasa Ala dr. Tirta, Gunakan 3 Waktu Ini Agar Puasa Tetap Lancar dan Bugar

Tips Olahraga Saat Berpuasa Ala dr. Tirta, Gunakan 3 Waktu Ini Agar Puasa Tetap Lancar dan Bugar - Photo: Instagram @dr.Tirta--

Namun, penting untuk diingat bahwa olahraga sebelum berbuka haruslah ringan dan tidak terlalu intens. Ini untuk menghindari dehidrasi dan kelelahan yang berlebihan.

Contoh olahraga yang dapat dilakukan adalah berjalan kaki ringan atau senam ringan. Pastikan untuk minum air dalam jumlah yang cukup setelah berolahraga untuk mengganti cairan yang hilang selama beraktivitas.

BACA JUGA:10 Tips Agar Konsisten Berolahraga, Nomor 9 Jarang Orang Lakukan

BACA JUGA:Daripada Rebahan, Lakukan 10 Olahraga Ringan Yang Bikin Kamu Gampang Keringatan

2. Setelah Berbuka: Batalkan Dulu Puasa dengan Cairan Elektrolit/Makanan Berenergi

Setelah berbuka, tubuh Anda membutuhkan asupan cairan dan energi untuk menggantikan apa yang hilang selama hari.

Namun, sebelum memulai makanan utama, dr. Tirta menyarankan untuk memulai dengan minuman yang mengandung elektrolit atau makanan ringan yang kaya akan energi.

Minuman elektrolit seperti air kelapa atau minuman isotonik dapat membantu mengganti elektrolit yang hilang dan mempercepat proses rehidrasi setelah seharian berpuasa.

Selain itu, makanan ringan yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein, seperti buah-buahan atau yogurt, dapat memberikan energi secara bertahap tanpa membuat perut terasa terlalu kenyang.

Setelah mengonsumsi cairan elektrolit atau makanan ringan, Anda dapat melanjutkan dengan makanan utama berbuka seperti biasa. Ini akan membantu tubuh untuk mendapatkan asupan nutrisi yang cukup untuk memulihkan energi dan mempersiapkan diri untuk ibadah malam dan aktivitas selama bulan Ramadan.

3. Sebelum Sahur: Perhatikan Jam Tidur dan Beban Kerja

Waktu sebelum sahur juga merupakan waktu yang tepat untuk melakukan olahraga ringan atau aktivitas fisik yang tidak terlalu membebani tubuh.

Namun, sebelum memutuskan untuk berolahraga saat ini, penting untuk memperhatikan dua hal: jam tidur dan beban kerja.

Bagi yang sudah memiliki jam tidur yang cukup dan beban kerja sehariannya ringan, melakukan olahraga ringan sebelum sahur dapat membantu meningkatkan metabolisme dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Namun, bagi yang merasa kelelahan atau kurang tidur, lebih baik untuk fokus pada istirahat dan memastikan tubuh mendapatkan cukup waktu untuk pulih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: