Pemkot Dinilai Kambing Hitamkan Warga Soal Masalah Sampah, Padahal Korban Ketidakberdayaan Dinas

Pemkot Dinilai Kambing Hitamkan Warga Soal Masalah Sampah, Padahal Korban Ketidakberdayaan Dinas

Pemkot Dinilai Kambing Hitamkan Warga Soal Masalah Sampah, Warga Jadi Korban Ketidakberdayaan Dinas LH - Hasbi--

RADAR TASIK TV - Pegiat lingkungan yang juga seniman Kota Tasikmalaya, Ashmansyah Timutiah, mengkritisi keputusan Pemkot untuk menangkap dua orang dan dibawa ke pengadilan untuk menjalani sidang karena membuang sampah sembarangan. 

Ashmansyah menilai bahwa dua warga ini menjadi korban dari ketidakberdayaan Pemkot Tasikmalaya melalui Dinas lingkungan hidup dalam mengelola sampah, dan cenderung mengkambing hitamkan warga.

Meskipun Ashmansyah mengapresiasi bahwa penegakan aturan bagus untuk diterapkan, namun dari kacamata pengelolaan sampah, hal tersebut tidak ada artinya.

Terlebih kebanyakan alasan warga membuang sampah sembarangan adalah armada yang lelet menarik sampah dan ketersediaan TPS yang minim.

BACA JUGA:Warung Sate RSPP Viral Setelah Didatangi Ji Chang Wook, Ini Menu Yang Dipesan

BACA JUGA:Wow, Plaza Asia Hadirkan Konsep Berbelanja Sekaligus Berwisata Dengan Bus Ngulisik

“Kalau dari penegakan aturan ini bagus. Tapi persoalannya dengan penangkapan dua orang ini mernurut saya apakah itu jadi solusi. Tentunya ini bukan solusi utama. Dua orang ini cenderung jadi korban ketidak berdayaan pemerintah menangani sampah dia jadi kambing hitam.” Ujar Ashmansyah.

Menurutnya meskipun warga membuang sampah pada tempatnya, dirinya yakin bahwa TPS dan TPA akan penuh dan pada akhirnya sampah tetap numpuk.

“Kalau semua orang buang sampah sembarangan ribuan orang pasti dipenjara. Kalau warga buang sampah dengan benar apakah selesai sampah. Tetap numpuk di TPS dan TPA maka pemerintah tidak berdaya.” Tambah Ashmansyah.

Ashmansyah menambahkan, Dinas LH seharusnya konsen dalam pengelolaan sampah dari hulu ke hilir, bukan hanya sekedar memindahkan sampah dari rumah tangga ke TPS lalu ke TPA.

“Dinas LH harus mengelola sampah. Diolah dengan baik selama ini saya menilai tidak ada hanya pemindahan saja. Kalau tidak diolah mau dikemanain. Dinas LH harus mikirin sampah dari hulu sampai hilir jangan tengah sampai hilir saja. Hulunya tidak diselesaikan.” Pungkasnya.

BACA JUGA:Cara Alami Membuat Wajah Putih Mulus Bebas Flek Hitam Bak Kpop Idol, Kamu Harus Tau Ini!

BACA JUGA:1.163 Calon Haji Asal Ciamis Berangkat Ke Tanah Suci, ini Jadwal Keberangkatannya

Simak Berita Selengkapnya dalam Video Berikut ini:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: