Jarang Disadari, Ini Makanan Sehari-Hari Yang Bikin Koleterol Naik

Jarang Disadari, Ini Makanan Sehari-Hari Yang Bikin Koleterol Naik

Makanan Penambah Kolesterol, Ilustrasi : Freepik--

Kurangi konsumsi makanan yang bersumber dari hewan dan lemak jenuh yang tinggi. Coba tambahkan menu sehat seperti ikan, sayuran, dan sumber protein nabati untuk variasi yang lebih seimbang.

3. Telur

Telur, si sarapan favorit yang seringkali diolah dalam berbagai bentuk. Tapi tunggu dulu, kuning telur ternyata mengandung kolesterol tinggi.

Dalam 100 gram kuning telur, terdapat sekitar 1200 miligram kolesterol atau setara dengan 400 persen dari kebutuhan harian. Meski begitu, jangan buru-buru menyumpelkan telur dari menu sarapan kita.

Studi terkini menunjukkan bahwa konsumsi telur dalam jumlah moderat tidak secara langsung meningkatkan kadar kolesterol darah.

4. Butter

Siapa yang tak suka aroma lezat butter di atas roti atau kue? Namun, kita perlu tahu bahwa dalam 100 gram butter terkandung sekitar 215 mg kolesterol.

Satu sendok makan butter bisa memberikan tambahan 20 mg kolesterol. Saat menikmati makanan yang mengandung butter, perlu diingat agar tidak berlebihan dan tetap menjaga keseimbangan asupan lemak.

BACA JUGA:Resep Nasi Liwet Pete dan Teri, Bikin Aja Di Megicom, Cocok Buat Kumpul Akhir Pekan

5. Udang

Udang, seafood yang kerap menggoda selera. Meski tinggi protein, udang juga dikenal memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi.

Setidaknya 195 mg kolesterol terdapat dalam setiap 100 mg udang. Namun, jangan buru-buru menghindar, karena udang juga rendah lemak jenuh. Porsi yang terkontrol masih bisa menjadi pilihan yang baik.

6. Makanan Cepat Saji

Burger, kentang goreng, ayam goreng, siapa yang tak tergoda oleh cita rasa makanan cepat saji? Namun, kandungan minyak jenuh dalam makanan cepat saji dapat membuat kolesterol melonjak tinggi.

Batasi konsumsi makanan cepat saji untuk menjaga kesehatan jantungmu tetap prima.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: