Resep Ketupat Pandan Kenyal Tanpa Pengawet, Cocok Disantap Dengan Opor Ayam Saat Lebaran 2024

Resep Ketupat Pandan Kenyal Tanpa Pengawet, Cocok Disantap Dengan Opor Ayam Saat Lebaran 2024

Resep Ketupat Pandan Kenyal Tanpa Pengawet, Cocok Disantap Dengan Opor Ayam Saat Lebaran 2024. Ilustrasi Creative by Kartika--

Resep Ketupat Pandan Kenyal Tanpa Pengawet, Cocok Disantap Dengan Opor Ayam Saat Lebaran 2024

 

RADAR TASIK TV – Kurang afdol rasanya jika merayakan lebaran Idul Fitri atau Idul Adha tanpa ditemani ketupat. Lebaran biasanya identik dengan hidangan ketupat yang dikolaborasikan dengan opor ayam.

Namun biasanya ketupat diolah ketika menjelang hari H lebaran karena dikhawatirkan akan basi dan teksturnya berubah. Bisa juga diolah dari hari yang tidak terlau mepet, namun membutuhkan pengawet dalam prosesnya.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, lebaran 2024 kamu tidak perlu lagi mengolah ketupat secara mendadak karena ada resep ketupat pandan kenyal tanpa pengawet yang bisa buat ketupat awet secara alami.

Terkadang perhitungan bahan serta langkah langkah pembuatan yang kurang tepat akan membuat ketupat yang berlendir, keras, dan cepat basi.

Hal terpenting yang harus diperhatikan menurut Chef bahran, Corporate Executive Chef Prasanthi Hotels and Resort ialah kebersihan daun cangkang dan juga beras yang akan digunakan.

Setelah itu bahan terpenting yang dapat menyelamatkan ketupat dari basi ialah garam. Karena garam memiliki zat yang bisa menjadi bahan pengawet alami.

BACA JUGA:Rahasia Ayam Goreng Tepung Lebih Renyah: Rendam dengan Air Es, Yuk Coba...

BACA JUGA:Resep Minuman Viral di Malaysia, Creamy Fruit Jelly Ball yang Manis dan Menyegarkan, Cocok Buat Takjil Puasa

Untuk resep selengkapnya mari simak resep dibawah ini

Resep Ketupat Pandan Kenyal Tanpa Pengawet

Bahan :

- Air

- Kapur sirih

- Garam

- Daun pandan

- Anyaman ketupat

Cara membuat :

1. Pertama tama cuci terlebih dahulu beras hinga bersih, hal ini bisa dilihat apabila air cucian beras sudah bening

2. Rendam beras pada air besrsih sekitar tiga jam kurang lebih, tambahkan garam secukupnya, setelah itu tiriskan hingga kering. Pastikan beras benar benar bersih untuk menghindari ketupat cepat basi.

3. Campur beras dengan kapur sirih, daun panda, dan masukkan garam sedikit saja.

4. Siapkan anyaman ketupat yang telah disiapkan kemudian masukkan beras hingga 2/3 bagian. Pastikan tidak terlalu penuh atau kurang.

5. Tutup ketupat dengan cara anyam janur hingga rapat, hal ini untuk mencegah beras agar tidak tercecer.

6. Ulangi langkah tersebut hingga beras habis.

7. Masak ketupat dengan cara masukkan ketupat yang telah dibuat tadi kedalam sebuah panci yang berisi air setengah mendidih. Pastikan semua ketupat terendam air dengan sempurna.

8. Rebus ketupat selama kurang lebih 4-5 jam menggunakan api sedang.

9. setelah ketupat matang angkat lalu celupkan pada air dingin setelah itu tiriskan dengan cara menggantungnya.

BACA JUGA:Hindari Konsumsi Ini Saat Sahur, Ini 5 Makanan dan Minuman yang Bikin Cepat Haus Saat Puasa Ramadhan

BACA JUGA:Resep Minuman Sehat Es Kelapa Jeruk Tanpa Gula dan Sirup, Cocok Jadi Minuman Pembuka Puasa Ramadhan 2024

Tips Membuat Ketupat

Agar memperoleh ketupat yang kenyal dan awet tanpa bahan pengawet kamu perlu memperhatikan kualitas bahan yang kamu gunakan. Adapun hal hal yang perlu kamu perhatikan ialah.

1. Memilih Beras

Memilih beras yang tepat merupakan faktor utama dalam menentukan keberhasilan pembuatan ketupat. Kamu bisa memulai dari memilih beras yang pulen dan berkualitas baik.

Hindari menggunakan beras impor karena rata rata beras ini memiliki tekstur yang terlalu pulen, hal ini bisa membuat ketupat memiliki hasil yang terlalu pulen.

2. Mengisi Ketupat

Ketupat harus diisi dengan beras kurang lebih 2/3 bagian saja. Ini karena apabila diisi terlalu padat ketupat tidak akan matang secara merata. Selain itu apabila terlalu kurang akan membuat tekstur ketupat menjadi lembek.

Namun hal ini tidak berlaku jika kamu menggunakan beras pera. Kamu cukup memasukkan 1/3 saja setelah itu ketuk ketupat setelah tertutup sempurna.

3. Memperhatikan Jumlah Air

Ketika proses perebusan air dipastikan akan surut dan berkurang, maka dari itu kamu perlu memperhatikan jumlah air yang ada selama proses perebusan.

Periksa rebusan selama 30 menit sekali. Apabila surut tambahkan air dengan air panas jangan yang dingin atau suhu ruang.

Hindari merebus dengan air yang terlalu sedikit, karena membuat ketupat tidak matang sempurna dan tidak kenyal.

4. Memperhatikan Ukuran Panci

Bukan hanya cara merebus tang tepat, pemilihan ukuran panci yang tepat juga akan menghasilkan ketupat yang pulen dan kenyal.

Ini karena ukuran panci yang tepat dapat merendam ketupat secara sempurna. Maka dari itu pilihlah ukuran pnaci yang tepat untuk memasak ketupat.

BACA JUGA:Menu Buka Puasa Sehat Ala Dr. Zaidul Akbar, yang Terbaik Tentu Makan Kurma, Kalau Gak Ada Bisa Ganti Dengan Bu

BACA JUGA:3 Resep Bumbu Dasar yang Wajib Ada Di Kulkas, Auto Sat Set Buat Masak Sahur dan Buka Puasa Nanti

5. Waktu Perebusan

Waktu perebusan ketupat sebenarnya berbeda beda tergantung dengan apa kamu memasaknya.

Apabila kamu menggunakan kompor gas kamu bisa mengabiskan waktu selama 2-4 jam, sementara jika kamu menggunakan presto kamu hanya membutuhkan waktu kurang lebih cukup 30 menit saja.

6. Cara Penyimpanan

Pastikan kamu telah mendinginkan ketupat dengan cara digantungkan. Karena dengan cara ini ketupat akan lebih cepat dingin dan kenyal. Setelah dingin kamu bisa menyimpannya di dalam kulkas.

Jangan menyimpan ketupat dalam keadaan panas kedalam kulkas, karena ini akan membuat ketupat menjadi lebih cepat basi. Untuk memanaskannya kamu cukup hangatkan menggunakan microwave atau dengan cara dikukus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: