Apakah Hanya Berjalan Kaki Sudah Termasuk Olahraga? Eitss Belum Tentu, Ini Penjelasannya..

Apakah Hanya Berjalan Kaki Sudah Termasuk Olahraga? Eitss Belum Tentu, Ini Penjelasannya..

Sudah Jalan Kaki Apakah Sudah Termasuk Olahraga? Eitss Belum Tentu, Ini Penjelasannya... - Tangkapan Layar Instagram @ridhorasyeed--

Apakah Hanya Berjalan Kaki Sudah Termasuk Olahraga? Eitss Belum Tentu, Ini Penjelasannya..

RADAR TASIK TV- Kita mungkin sering mendengar orang menyatakan bahwa jalan kaki juga sudah termasuk olahraga. Nah sebenarnya apa sih kriteria olahraga itu sendiri dan apakah hanya berjalan kaki sudah termasuk olahraga?

Pertanyaan apakah hanya berjalan kaki sudah termasuk olahraga memicu perdebatan di kalangan para peneliti dan ahli kesehatan. Terlebih lagi, definisi apa yang sebenarnya menentukan apakah suatu aktivitas bisa disebut sebagai olahraga?

Salah satu selebram bernama Rasyid Ridho dalam videonya menjelaskan mengenai apakah hanya berjalan kaki sudah termasuk olahraga? Beliau menerangkan bahwa belum tentu seseorang hanya berjalan kaki sudah dikategorikan sudah berolahraga.

BACA JUGA:10 Jenis Olahraga Yang Mudah Dilakukaan Saat Puasa, Perhatikan Waktu Yang Tepat Agar Bermanfaat Bagi Tubuh

BACA JUGA:Tips Olahraga Saat Berpuasa Ala dr. Tirta, Gunakan 3 Waktu Ini Agar Puasa Tetap Lancar dan Bugar

Beliau juga menjelaskan bahwa ada kriteria khusus ketika seseorang hanya berjalan kaki tetapi ia sudah bisa dikatakan sudah berolahraga yakni saat ia mampu berjalan kaki dengan intensitas kecepatan 130 langkah permenit. 

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjelasan dari Rasyid Ridho mengenai berjalan kaki seperti apa yang bisa dikategorikan sebagai olahraga. 

Sudah Jalan Kaki Apakah Sudah Termasuk Olahraga? Eitss Belum Tentu, Ini Penjelasannya...

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine, jalan kaki dengan kecepatan 100-120 langkah per menit dapat dikategorikan sebagai aktivitas sedang.

BACA JUGA:Mengenal Olahraga Found Fit Yang Lagi Hits, Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh Hingga Cara Praktik Di Rumah

BACA JUGA:Mumpung Masih Awal Tahun, Ini Cara Paling Efektif Konsisten Berolahraga Membentuk Body Goals

Namun, hal ini belum cukup untuk mengklasifikasikannya sebagai olahraga. Penelitian ini menyoroti bahwa jalan kaki pada kecepatan tersebut hanya dianggap sebagai pelengkap dari aktivitas olahraga lain yang lebih intensif.

Namun, kapan sebenarnya jalan kaki bisa dianggap sebagai olahraga? Menurut penelitian yang melibatkan 76 responden, jalan kaki baru dapat dikategorikan sebagai olahraga saat kecepatannya mencapai 130 langkah per menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: