TEKNOLOGI VAR Sukses Diterapkan pada Babak Semifinal, PT LIB Jelaskan Proses Persetujuan dari FIFA

TEKNOLOGI VAR Sukses Diterapkan pada Babak Semifinal, PT LIB Jelaskan Proses Persetujuan dari FIFA

Teknologi VAR Sukses Diterapkan pada Babak Semifinal, PT LIB Jelaskan Proses Persetujuan dari FIFA.-pt lib-

JAKARTA, RADAR TASIK TV - Teknologi Video Assistant Referee (VAR) sukses diterapkan pada babak semifinal championship series Liga 1 2023/2024.

Teknologi VAR telah diterapkan pada empat laga championship series yakni Bali United VS Persib (14 Mei), Madura United vs Borneo FC (15 Mei), Persib vs Bali United (18 Mei), serta Borneo FC kontra Madura United pada 19 Mei kemarin.

Adanya teknologi VAR di kompetisi Liga 1 ini menjadi hal yang baru dan memberikan pengalaman yang berbeda bagi pihak yang terlibat di dalam pertandingan.

Sukses diterapkan di babak semifinal championship series, penerapan VAR ini ternyata membutuhkan proses yang panjang hingga bisa mendapatkan persetujuan dari FIFA.

BACA JUGA:Skincare Wardah Terbaik untuk Usia 50 Tahun Mengatasi Flek Hitam dan Garis Halus Solusi Untuk Tampil Awet Muda

Direktur Operasional PT LIB Asep Saputra menyampaikan penerapan VAR di babak semifinal championship series berjalan dengan lancar sesuai rencana.

Asep Saputra mengatakan kelancaran implementasi VAR tidak lepas dari komunikasi intens kepada pihak FIFA.

Kemudian, Asep juga menyebut bahwa pihaknya terus berkoordinasi terkait pengiriman mobil VAR, komunikasi dengan pihak broadcast, dan berkoordinasi dalam proses kalibrasi sebelum pertandingan berlangsung.

Terkait komunikasi dengan FIFA, Asep menjelaskan PT LIB melakukan berkomunikasi dengan FIFA sejak awal persiapan dan pelatihan teknologi VAR.

BACA JUGA:7 Makanan Khas Hari Raya Idul Adha yang Wajib Dicoba Tahun Ini

Untuk diketahui, persiapan pengguna VAR sudah dimulai sejak bulan Juli 2023 hingga Maret 2024. Dalam proses itu, FIFA memberikan persetujuan mengenai perangkat yang akan bertugas pada pertandingan awal Mei 2024.

Dalam setiap progres implementasi VAR, FIFA terus memantau dan melakukan evaluasi terkait penerapan teknologi tersebut.

Asep Saputra mengatakan persetujuan dari FIFA menjadi dasar teknologi tersebut diterapkan di babak championship series Liga 1 2023/2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pt lib